Pengertian Pembelajaran Konvensional
Pembelajaran konvensional atau biasa adalah
pembelajaran biologi dengan metode ceramah dan diskusi. Menurut Widayana
(2007:36) ada empat hal pokok dalam metode ceramah yaitu, pertama konsep
disajikan secara lisan atau verbal, kedua pelajaran terpusat pada guru, ketiga
guru menjelaskan setiap langkah pelajaran, dan keempat siswa lebih banyak
mendengarkan penjelasan guru. Kondisi pembelajaran seperti ini cenderung
menempatkan siswa dalam posisi pasif sebagai penerima bahan ajar. Proses
pembelajaran biologi seperti digambarkan di atas umumnya dilakukan di setiap
sekolah.
Dalam hal ini menurut Sutikno (2008:91)
pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah merupakan metode pembelajaran
yang dilakukan dengan penyajian materi melalui penjelasan lisan seorang guru
kepada siswa-siswanya. Metode ini adalah sebuah cara melaksanakan pembelajaran
yang dilakukan oleh guru secara monolog dan hubungan satu arah. Aktivitas siswa
dalam pembelajaran yang menggunakan metode ini hanya menyimak sambil
sesekali mencatat.
Dari pengertian metode konvensional di atas
dapat disimpulkan bahwa metode konvensional adalah metode yang biasa digunakan
dalam menyajikan pelajaran kepada siswanya, seiring perkembangan zaman,
pembelajaran konvensional yang disesuaikan dengan tuntutan kurikulum 2013
menuntut guru melakukan pembelajaran dengan pendekatan sains, sehingga
pembelajaran dengan pendekatan sains dapat dianggap sebagai pembelajaran
konvensional.
0 Response to "Pengertian Pembelajaran Konvensional"
Posting Komentar