Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli
Model pembelajaran adalah pola atau rencana
yang dapat digunakan untuk mengoprasikan kurikulum, merancang materi
pembelajaran, dan untuk membimbing pembelajaran dalam setting kelas
atau lainnya (Soetopo, 2005:146). Model pembelajaran dapat diartikan sebagai
kerangka konseptual yang digunakan oleh pengajar sebagai pedoman dalam
melakukan kegiatan pembelajaran agar tercipta pembelajaran yang efisien
(Sagala, 2003:175). Adapun Trianto (2009:74) mengemukakan maksud dari model
pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang
sistematik dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan
belajar tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang
pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar
mengajar.
Istilah model pembelajaran menurut Trianto
(2009:23) memiliki makna yang lebih luas daripada strategi, metode atau
prosedur. Model pembelajaran mempunyai empat ciri khusus yang tidak dimiliki
oleh strategi, metode atau prosedur. Ciri-ciri tersebut adalah:
1. Rasional
teoritis logis yang disusun oleh para pencipta atau para pengembangnya
2. Landasan
pemikiran tentang apa dan bagaimana siswa belajar dengan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
3. Tingkah
laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut dapat dilaksanakan dengan
berhasil
4. Lingkungan
belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran itu dapat tercapai
Hands On Activity merupakan
suatu model pembelajaran yang dirancang untuk melibatkan peserta didik dalam
menggali informasi dengan bertanya, beraktivitas dan menemukan, mengumpulkan
data dan menganalisis serta membuat kesimpulan. Belajar dengan melakukan
kegiatan tangan dan kegiatan berpikir (minds on activity). Hands
On Activity pada pengamatan materi pembelajaran ditekankan pada
perkembangan penalaran, membangun model, keterkaitannya dengan aplikasi dunia
nyata (Ahmad, 2015:9).
Model pembelajaran Hands On Activity yaitu
model pembelajaran dimana siswa tidak hanya melihat dan mendengarkan guru
menjelaskan, tetapi dalam pembelajaran ini siswa mengamati, melakukan dan
mengidentifikasi secara langsung pada objek yang dipelajari. Model pembelajaran
ini dapat membuat siswa mempunyai pengalaman langsung, sehingga dapat mengatasi
masalah belajar siswa seperti sulit mengingat materi pelajaran (Wena, 2012:21).
0 Response to "Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli"
Posting Komentar