RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) IPA KELAS IX
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
SMP PGRI 10 Bandung
Mata Pelajaran :
IPA (BIOLOGI)
Kelas / Semester :
IX/ I
Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar 1.1.
Mendiskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat mengidentifikasikan organ – organ
penyusun sistem pengeluaran
( ekskresi ) pada manusia.
2. Siswa dapat memahami proses pengeluaran zat
sisa pada sistem ekskresi manusia.
3. Siswa dapat mendata penyakit dan kelainan yang
terdapat pada organ penyusunan sistem ekskresi.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya
dengan kesehatan.
C. Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Kontekstual
2. Metode : Diskusi, informasi dan percobaan
3. Model Pembelajaran : Kooperatif dan
langsung.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Motivasi
1) Terdiri dari organ apakah sistem ekskresi
pada manusia ? dan apa yang di
Keluarkannya?
2) Bagaimana kerja sama kulit dengan ginjal ?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa
telah memahami proses pernafasan dan transportasi manusia.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
Siswa dapat
mengidentifikasikan organ – organ penyusun sistem pengeluaran ( ekskresi ) pada manusia.
F
Siswa
dapat memahami proses pengeluaran zat sisa pada sistem ekskresi manusia
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan
suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Sebutkan 2 kelainan yang terdapat pada organ
ekskresi?
2) Sebutkan 3 penyakit yang terjadi pada organ ekskresi?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami
organ – organ penyusun sistem pengeluaran .
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
Siswa
dapat mendata penyakit dan kelainan yang terdapat pada organ penyusunan sistem
ekskresi.
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan
suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Siswa dengan
bimbingan guru melakukan diskusi tentang kelainan dan penyakit yang terdapat
pada organ – organ penyusun sistem ekskresi
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Media Pembelajaran
1. Alat dan bahan.
2. Modul / charta organ – organ ekskresi
manusia.
F. Sumber Pembelajaran
1. Buku IPA Terpadu . .
2. Buku IPA yang relevan.
3. Model / Charta alat respirasi dan
fotosintesis tumbuhan
4. Siswa dan guru.
G. Penilaian.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
·
Mendeskripsikan
bentuk/bangun organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia
· Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi
· Mendata contoh kelainan dan penyakit pada
sistem ekskresi yang biasa dijumpai
dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
·
Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem
reproduksi
|
· Tes tertulis
· Tes tertulis
· Penugasan
· Pemberian angket
|
· PG
· Uraian
· Proyek
· Angket
|
·
Organ yang
bentuknya mirip kacang dan berwarna merah maron adalah ....
a.
Jantung
b. paru-paru
c. ginjal
d. hati
·
Kemukakan fungsi
sistem ekskresi yang dimiliki oleh tubuh manusia!
·
Buatlah tulisan
tentang salah satu contoh penyakit pada sistem ekskresi yang dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari!
·
Lembar penilaian
antar teman untuk menilai tingkat keterlibatan siswa dalam penyelesaian
proyek)
·
Angket model skala Likert
|
Mengetahui :
Kepala SMP PGRI Bandung
Drs. H.E HARIS HARSONO, M.Sc., M.Si
NIP :
|
Bandung, Juli 2015
Guru Mapel IPA,
LILIS FARIDA FANHUR, S.Pd.
NIP : 196208131986032006
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
SMP PGRI 10 Bandung
Mata Pelajaran :
IPA (BIOLOGI)
Kelas / Semester :
IX / I
Alokasi waktu :
3 X 40’ ( 2x pertemuan )
Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusi a
Kompetensi Dasar 1.2.
Mendiskripsikan sistem reproduksi danpenyakit yang berhubungan dengan
sistem reproduksi manusia.
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengidentifikasikan dan memahami
fungsi bagian – bagian dengan reproduksi manusia.
2. Siswa dapat menjelaskan tahap – tahap
reproduksi manusia.
3. Siswa dapat menjelaskan pertumbuhan dan
perkembangan manusia.
4. Siswa dapat mendata kelainan dan penyakit pada
organ sistem reproduksi.
v B. Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Materi
Pembelajaran
Sistem reproduksi dan penyakit yang
berhubungan dengan sistem produksi manusia.
C. Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Konsektual.
2. Metode : Observasi, Diskusi dan Informasi.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a.
Motivasi
1) Terdiri dari apakah organ sistem reproduksi ?
2) Mengapa ada orang yang mandul ?
3) Di manakah pertumbuhan dan perkembangan
manusia sebelum dilahirkan ?
4) Berasal dari manakah kebutuhan hidup janin ?
b. Pengetahuan
Prasyarat
Siswa telah memahami perkembangan generatif ( seksual
)
Siswa telah
memahami organ – organ sistem reproduksi.
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
Siswa
dapat mengidentifikasikan dan memahami fungsi bagian – bagian dengan reproduksi
manusia.
F
Siswa
dapat menjelaskan tahap – tahap reproduksi manusia.
F
Siswa
dapat menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan manusia.
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan
suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Siswa mengamati model / charta organ – organ
penyusun sistem reproduksi
dilanjutkan diskusi tahap – tahap reproduksi manusia
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Sebutkan 3 penyakit pada organ sistem
reproduksi ?
b.
Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah
memahami organ – organ sistem reproduksi manusia.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
Siswa
dapat mendata kelainan dan penyakit pada organ sistem reproduksi.
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan
suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Dengan bimbingan
guru siswa melakukan diskusi tentang kelainan dan penyakit pada organ sistem
reproduksi
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Media Pembelajaran
Model / Charta organ – organ penyusun
sistem reproduksi manusia..
F. Sumber Pembelajaran
1.
Buku IPA Terpadu .
2. Buku IPA
yang relevan.
3 Model / charta organ reproduksi manusia
4. Guru dan siswa..
G. Penilaian.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
· Menyebutkan macam organ penyusun sistem
reproduksi pada manusia
· Mendeskripsikan fungsi sistem reproduksi
· Menulis artikel tentang cara
penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem
reproduksi
·
Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem
reproduksi
|
§ Tes tertulis
§ Tes tertulis
§ Penugasan
Penugasan
|
§ PG
§ Uraian
§ Tugas rumah
§ Angket
|
§ Salah satu organ yang menyusun sistem
reproduksi pada laki-laki adalah ....
§ Jelaskan fungsi uterus yang terdapat dalam
sistem reproduksi wanita!
§ Buatlah tulisan tentang penularan dan
pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi!
§ Angket skala perbedaan semantik
|
Mengetahui :
Kepala SMP PGRI Bandung
Drs. H.E HARIS HARSONO, M.Sc., M.Si
NIP :
|
Bandung, Juli 2015
Guru Mapel IPA,
LILIS FARIDA FANHUR, S.Pd.
NIP : 196208131986032006
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
SMP PGRI 10 Bandung
Mata Pelajaran :
IPA (BIOLOGI)
Kelas / Semester :
IX / I
Alokasi waktu :
3 X 40’ ( 2X Pertemuan )
Standar Kompetensi 1.
Memahami
berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi Dasar 1.3.
Mendiskripsikan
sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan.
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan fungsi organ-organ
penyusun sistem koordinasi pada manusia.
2. Siswa dapat menjelaskan mekanisme kerja sistem
koordinasi pada manusia..
3. Siswa dapat menjelaskan fungsi organ-organ
penyusun alat indera pada manusia.
4.
Siswa dapat menjelaskan sistem hormon pada manusia.
5. Sisw dapat mendata contoh kelainan dan
penyakit pada sistem koordinasi pada manusia..
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Sistem koordinasi dan indera pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan.
C. Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Konsektual.
2. Metode : Diskusi, Informasi, eksperimen / observasi
3. Model
Pembelajaran : Pembelajran langsung dan kooperatif.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a.
Motivasi
1) Tersusun dari apakah Neron ?
2) Terdiri dari apakah susunan sistem saraf
manusia ?
3) Bagaimana prosesnya kita dapat melihat susatu
benda ?
4) Sebutkan bagian-bagian telinga manusia ?
5) Mengapa kita dapat merasakan bau masakan dan
pafum ?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa
telah memahami sistem gerak manusia.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
Siswa
dapat menjelaskan fungsi organ-organ penyusun sistem koordinasi pada manusia.
F
Siswa
dapat menjelaskan mekanisme kerja sistem koordinasi pada manusia..
F
Siswa
dapat menjelaskan fungsi organ-organ penyusun alat indera pada manusia.
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan
suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Siswa dengan bimbingan guru melakukan diskusi
tentang organ dan fungsi sistem koordinasi pada manusia.
F Siswa menempatkan diri pada kelompok masing – masing dan menyiapkan alat
percobaan.
F Siswa dengan petunjuk guru melakukan percobaan
tentang indera mata, telinga, hidung dilanjutkan diskusi
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Mengapa kelenjar hipofisis disebut master of
gland ?
2) Kelenjar apakah yang terletak pada rongga
perut ?
3) Bagaimana akibatnya jika tukang punggung
seseorang patah akibat suatu kecelakaan
?
4) Mengapa terjadi penyakit gula ?
5) Berakibat apakah bila di otak terjadi
pendarahan ?
b.
Pengetahuan Prasyarat
Siswa
telah memahami sistem syaraf dan indera manusia.
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
Siswa
dapat menjelaskan sistem hormon pada manusia.
F
Sisw
dapat mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem koordinasi pada manusia.
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan
suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Dengan bantuan charta dan bimbingan guru,
siswa melakukan diskusi tentang sistem hormon pada manusia.
F Siswa dengan bimbingan
guru melakukan diskusi tentang kelainan dan penyakit pada sistem koordinasi
manusia.
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Media Pembelajaran
1. Alat dan bahan.
2. Model / Charta sistem syaraf, indera dan
hormon manusia.
F. Sumber Pembelajaran
1. Buku IPA Terpadu .
2. Buku IPA yang relevan.
3 Model / charta sistem syaraf indera dan
hormon
4. Guru dan siswa..
G. Penilaian.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
·
Membandingkan bentuk/bangun bagian organ dan/atau organ
penyusun sistem syaraf pada manusia
·
Mendeskripsikan fungsi otak, fungsi sumsum tulang
belakang, dan sel saraf dalam sistem koordinasi
·
Menunjukkan bagian-bagian alat indra dan fungsinya
·
Mendata contoh kelainan dan penyakit pada alat
indera yang biasa dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
Penugasan
|
PG
Uraian
Uji petik kerja
Tugas rumah
|
·
Perhatikan gambar sistem saraf berikut ini.
Bagian otak kecil dan sumsum lanjutan ditandai dengan nomor .
a.
1 dan 2
b.
2 dan 3
c.
3 dan 4
d.
4 dan 1
·
Deskripsikan fungsi otak besar!
·
Dengan menggunakan model mata, tunjukkan dan
deskripsikan fungsi bagian pupil dan retina
·
Buatlah kliping tentang penyakit pada alat indra yang
biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
Mengetahui :
Kepala SMP PGRI Bandung
Drs. H.E HARIS HARSONO, M.Sc., M.Si NIP :
|
Bandung, Juli 2015
Guru Mapel IPA,
LILIS FARIDA FANHUR, S.Pd.
NIP : 196208131986032006
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah : SMP PGRI 10 Bandung
Mata Pelajaran : IPA (BIOLOGI)
Kelas
/ Semester : IX / 2
Alokasi
Waktu : 4 x 40 menit ( 2x Pertemuan )
Standar Kompetensi 2 :
Memahami kelangsungan
hidup makhluk hidup.
Kompetensi Dasar 2.1 :
Mengidentifikasi
kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam dan
perkembangbiakan.
A. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
dapat menjelaskan cara-cara makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya.
2.
Siswa
dapat mengidentifikasi macam-macam adaptasi pada makhluk hidup.
3.
Siswa
dapat menjelaskan bagaimana aterjadinya adaptasi melalui seleksi alam.
4.
Siswa dapat menganalisis manfaat berkembang biak bagi
makhluk hidup.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Pembelajaran
1.
Adaptasi
Makhluk Hidup
2.
Seleksi
Alam
3.
Perkembangbiakkan
Makhluk Hidup
C. Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual.
2. Metode : Diskusi Informasi, Percobaan
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung dan pembelajaran
kooperatif
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a. Motivasi
:
Ada
berapa macamkah adaptasi makhluk hidup itu ?
b. Prasyarat
Pengetahuan :
Siswa
telah memahami cirri-ciri makhluk hidup.
2.
Kegiatan
Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
Siswa
dapat menjelaskan cara-cara makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya.
F Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam
adaptasi pada makhluk hidup.
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu
percakapan
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Siswa diminta mengamati
adaptasi morfologi pada tumbuhan
F Siswa diminta mengamati adaptasi morfologi pada hewan
F Siswa diminta mengamati
adaptasi tingkah laku pada berbagai organisme
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan
Kedua
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a. Motivasi
:
Bagaimana terbentuknya variasi burung Finch Darwin ?
b. Prasyarat Pengetahuan :
Siswa telah memahami cirri-ciri makhluk hidup.
2.
Kegiatan
Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
Siswa
dapat menjelaskan sistem hormon pada manusia.
F
Siswa
dapat mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem koordinasi pada manusia.
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan
suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Siswa melakukan percobaan proses kepunahan organisme
F Siswa diminta diskusi tentang perkembangbiakan
makhluk hidup
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Media Pembelajaran
Alat dan bahan
F. Sumber Belajar
1.
Buku
IPA Terpadu
2.
Buku-buku
pelajaran IPA yang relevan.
G. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
· Mengaitkan perilaku
adaptasi hewan tertentu dilingkungannya dengan kelangsungan hidup
· Memprediksikan punahnya beberapa jenis makhluk hidup
akibat seleksi alam hubungannya dengan kemampuan yang dimiliki
· Mendeskripsikan
hubungan interspesifik (antar populasi) dengan seleksi alam
· Menjelaskan
peran perkembangbiakan bagi kelangsungan
hidup
·
Mendiskripsikan cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan
hewan
|
·
Tes tertulis
·
Tes tertulis
·
Tes tertulis
·
Tes tertulis
·
Penugasan
|
·
PG
·
Isian
·
Uraian
·
Isian
·
Tugas rumah
|
·
Untuk menjaga kelangsungan hidupnya, banyak hewan kutub
di musim dingin melakukan .....
a.
hibernasi
b.reproduksi
c.
adaptasi
d.toleransi
·
Badak bercula satu hampir punah karena selain
habitatnya rusak juga disebabkan ....
·
Hubungan interspesifik yang bagimanakah yang berkaitan
erat dengan seleksi alam? Berikan
contohnya!
·
Untuk melestarikan jenisnya, makhluk hidup memiliki
kemampuan untuk ....
·
Buatlah tabel cara perkembangbiakan pada beberap jenis
tumbuhan dan hewan
|
Mengetahui :
Kepala SMP PGRI Bandung
Drs. H.E HARIS HARSONO, M.Sc., M.Si
NIP :
|
Bandung, Juli 2015
Guru Mapel IPA,
LILIS FARIDA FANHUR, S.Pd.
NIP : 196208131986032006
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SMP
PGRI 10 Bandung
Mata Pelajaran : IPA (BIOLOGI)
Kelas / Semester : IX / 2
Alokasi Waktu : 2 x 40
menit
Standar Kompetensi 2 :
Memahami kelangsungan
hidup makhluk hidup.
Kompetensi Dasar 2.2 :
Mendeskripsikan pewarisan
sifat pada makhluk hidup.
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat
menjelaksan konsep reproduksi vegetatip dan generatip.
2. Siswa dapat menjelaskan cara reproduksi
vegetatip pada tumbuhan dan hewan.
3.
Siswa dapat membandingkan cara reproduksi vegetatip pada
tumbuhan dan hewan.
4.
Siswa dapat menjelaskan konsep kromosom dan pembelahan
sel.
5.
Siswa dapat menjelaskan cara reproduksi generatip pada tumbuhan
dan hewan
6.
Siswa dapat membandingkan cara reproduksi generatip pada
tumbuhan dan hewan.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
1. Reproduksi Vegetatip
2. Reproduksi Generatip
C. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual.
2. Metode : Diskusi Informasi.
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung dan pembelajaran
kooperatif
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a. Motivasi
:
Apakah perbedaan antara vegetatip dan generatip ?
b. Prasyarat Pengetahuan :
Siswa
telah memahami cirri-ciri makhluk hidup.
2.
Kegiatan
Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
Siswa
dapat memahami
cirri-ciri makhluk hidup
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan
suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Siswa diminta untuk menentukan cara reproduksi
organisme
F Siswa diminta diskusi tentang
1). Vegetatip pada
tumbuhan.
2). Vegetatip pada hewan
3). Generatip pada
tumbuhan
4). Generatip pada hewan.
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta
didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Media Pembelajaran
Alat dan bahan
F. Sumber Belajar
1.
Buku IPA Terpadu
2.
Buku-buku
pelajaran IPA yang relevan.
G. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
· Mendiskripsikan materi
genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (gen, kromosom)
· Membedakan
pengertian sifat resesif dominan dan intermediat
|
·
Tes tertulis
·
Tes tertulis
|
·
Isian
·
Uraian
|
·
Materi genetis yang bertanggung jawab dalam penurunan
sifat adalah ....
·
Kemukakan perbedaan pengertian resesif. Dominan dan
intermediat!
|
Mengetahui :
Kepala SMP PGRI Bandung
Drs. H.E HARIS HARSONO, M.Sc., M.Si
NIP :
|
Bandung, Juli 2015
Guru Mapel IPA,
LILIS FARIDA FANHUR, S.Pd.
NIP : 196208131986032006
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SMP
PGRI 10 Bandung
Mata Pelajaran : IPA (BIOLOGI)
Kelas / Semester : IX / 2
Alokasi Waktu : 4 x 40
menit ( 2x Pertemuan )
Standar Kompetensi 2 :
Memahami kelangsungan
hidup makhluk hidup.
Kompetensi Dasar 2.3 :
Mendeskripsikan proses
pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyejdaan sifat yang ditentukan oleh gen yang
diturunkan pada keturunannya.
2. Siswa dapat menjelaskan persilangan antara dua individu dengan
satu sifat beda atau lebih.
3. Siswa dapat menjelaskan hasil persilangan dan mampu menerapkannya
dalam kehidupan sehari-hari
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Pewarisan sifat.
C. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual.
2. Metode : Diskusi Informasi
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung dan pembelajaran
kooperatif
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama dan kedua :
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a. Motivasi
:
Apakah persilangan monohybrid dan dihibrid ?
b. Prasyarat Pengetahuan :
Siswa telah memahami sifat morfologi organisme.
2.
Kegiatan
Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F Siswa dapat Mendeskripsikan proses pewarisan
dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan
suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Siswa diminta untuk membuktikan hokum
segregasi bebas dan hokum perpaduan bebas.
F Siswa diminta diskusi tentang
1) Test Cross
2) Persilangan hybrid
3). Penerapan Ilmu Genetika
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Media Pembelajaran
Alat dan bahan
F. Sumber Belajar
1.
Buku
IPA Terpadu
2.
Buku-buku
pelajaran IPA yang relevan.
G. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
· Menentukan gamet
dari genotip tetua/induk
·
menentukan
rasio hasil persilangan persilangan monohibrida dan dihibrida melalui bagan
|
·
Tes tertulis
·
Tes tertulis
|
·
Isian
·
Uraian
|
·
Bila induk bergenotif Mm maka gamet yang bersifat
dominan adalah ....
·
Organisme yang bergenotif BB di silangkan dengan
sesamanya yang bergenotif bb. Buatlah bagan persilangannya hingga F2!
|
Mengetahui :
Kepala SMP PGRI Bandung
Drs. H.E HARIS HARSONO, M.Sc., M.Si
NIP :
|
Bandung, Juli 2015
Guru Mapel IPA,
LILIS FARIDA FANHUR, S.Pd.
NIP : 196208131986032006
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SMP
PGRI 10 Bandung
Mata Pelajaran : IPA (BIOLOGI)
Kelas / Semester : IX / 2
Alokasi Waktu : 4 x 40
menit ( 2x Pertemuan
Standar Kompetensi 2 :
Memahami
kelangsungan makhluk hidup makhluk
hidup.
Kompetensi Dasar 2.4 :
Mendeskripsikan penerapan
bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi
pangan.
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menerapkan bioteknologi dalam upaya mendukung
peningkatan produksi pangan.
2. Siswa dapat menjelaskan cara-caraapatkan bibit unggul.
3. Siswa dapat menjelaskan peran mikroorganisme dalam proses
bioteknologi pangan
4. Siswa dapat menjelaskan peranan bioteknologi dalam upaya mendukung
peningkatan produksi pangan.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Bioteknologi pangan
C. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual.
2. Metode : Diskusi Informasi
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung dan pembelajaran
kooperatif
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama dan kedua :
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a. Motivasi
:
Apakah bioteknologi pangan itu ?
b. Prasyarat
Pengetahuan :
Siswa telah memahami dampak perubahan populasi manusia.
2.
Kegiatan
Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
Siswa
dapat Mendeskripsikan
penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui
produksi pangan
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan
suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Siswa diminta diskusi tentang
1). Bioteknologi pertanian
2). Penggunaan mikroorganisme dalam pembuatan
makanan.
3). Bioteknologi pertanian.
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Media Pembelajaran
Charta Tahapan Kultur
F. Sumber
Belajar
1.
Buku
IPA Terpadu
2.
Buku-buku
pelajaran IPA yang relevan.
G. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
·
Mendefinisikan
pengetian bioteknologi
·
Mendeskripsikan
keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan
·
Mendata
produk-produk bioteknologi konvensional dan modern di lingkungan sekitarnya
·
Membuat
produk bioteknologi sederhana yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan
sehari-hari (membuat tempe, fermentasi sari buah, penanaman secara hidroponik
dan aeroponik)
|
·
Tes tertulis
·
Tes tertulis
·
Penugasan
·
Penugasan
|
·
Uraian
·
Uraian
·
Tugas proyek
·
Tugas rumah
|
·
Definisikan pengertian bioteknologi!
·
Kemukakan minimal dua keuntungan pemanfaatan
bioteknologi dalam produksi pangan!
·
Lakukanlah survey dilingkungan sekitar yang berhubungan
dengan pemanfaatan bioteknologi konvensional dan laporkan hasilnya
·
Rencanakan dan lakukan pembuatan tape (ketan atau
singkong) laporkan hasilnya
|
0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) IPA KELAS IX"
Posting Komentar