-->

Contoh Soal dan Jawaban Materi Sistem Saraf Untuk SMP Kelas IX

Soal Materi Sistem Saraf Untuk SMP Kelas IX
1.      Tuliskan pengertian system koordinasi dan komponen-komponen penyusunnya! 
2.      Tuliskan struktur dan fungsi system saraf pusat dan saraf tepi!
3.      Apa perbedaan yang mendasar antara gerak refleks dengan gerak biasa?
4.      Jelaskan bagian-bagian dan fungsi alat indra pada manusia!
5.   Tuliskan dan jelaskan kelainan-kelainan dan penyakit pada alat indera yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari serta upaya mengatasinya! 
Jawaban:
Kunci Jawaban
1. Sistem koordinasi adalah sebuah sistem yang mengatur dan mengendalikan alat-alat tubuh agar dapat bekerja serasi, alat komunikasi antara tubuh dengan lingkungan di luar tubuh, yang dilakukan oleh ujung saraf pada indra, dan lingkungan dalam tubuh.
Sistem koordinasi pada manusia terdiri dari:
a.       Sistem Saraf
b.      Sistem Indera
          2. Sistem saraf pusat terdiri dari:
·         Otak yang meliputi otak besar (serebrum), otak tengah (mesensefalon), dan otak kecil (serebelum).
·         Sumsum lanjutan (Medula Oblongata), dan
·         Sumsum tulang belakang (Medula Spinalis).
Fungsi dari sistem saraf pusat adalah sebagai pusat untuk mengatur sistem koordinasi atau sebagai pusat yang mengatur kerja alat-alat tubuh.
               Sistem saraf tepi terdiri dari:
·         Saraf Sadar (Somatik)
·         Saraf Autonom (Viseral)
Fungsi dari sistem saraf tepi adalah sebagai penghubung antara saraf pusat dengan organ-organ tubuh.
   3.   Gerak refleks adalah gerakan yang terjadi tanpa diperintah dan baru disadari   setelah terjadi. Gerak refleks berbeda dengan gerak biasa karena pada gerak refleks rangsangan tidak diolah di otak terlebih dahulu
         4.   Alat-alat indera antara lan:
a.       Mata
Letak mata didalam rongga mata  yang dilapisi/beralaskan lapisan lemak. Mata berfungsi sebagai alat penglihatan untuk menerima rangsang cahaya.
b.      Telinga
Telinga adalah tempat beradanya indera pendengaran yang memiliki saraf pendengaran. Telinga terbagi menjadi tiga bagian yaitu telinga luar, telinga tengah,  dan telinga dalam.
c.       Kulit
Kulit berfungsi sebagai indera perasa dan peraba, kulit peka terhadap rangsang yang berupa panas, dingin, tekanan, sentuhan dan sakit/nyeri.
d.      Lidah
Lidah berfungsi sebagai indera pengecap, indera pengecap tersebut terletak pada bagian permukaan atas terbagi menjadi beberapa daerah yang peka terhadap rasa yang berbeda-beda (manis, pahit, asin dan masam).
e.       Hidung
Hidung berfungsi sebagai indera pembau, ujung-ujung saraf pembau terletak pada selaput lender rongga hidung bagian atas, Pada ujung saraf pembau terdapat selaput lendir yang berfungsi sebagai pelembab.
          5.  Kelainan dan Penyakit pada alat Indera antara lain:
            a. Miopi atau rabun jauh, yaitu kelainan pada mata dimana bayangan yang   dibentuk oleh lensa jatuh didepan retina. Kelainan ini terjadi karena lensa mata terlalu cembung atau garis tengah mata panjang. Kelainan ini dapat ditolong dengan menggunakan lensa negative.
               b. Hypermetropi atau rabun dekat, yaitu kelainan mata dimana bayangan yang dibentuk oleh lensa jatuh dibelakang retina. Kelainan ini terjadi karena lensa mata terlalu pipih atau garis tengah mata pendek. Kelainan ini dapat ditolong dengan menggunakan lensa positif.
            c. Presbiopi, yaitu kelainan pada mata karena tidak elastisnya lensa mata untuk berakomodasi. Penderita kelainan ini biasanya menggunakan lensa ganda yaitu lensa positif dan lensa negative.
            d. Rabun Senja, yaitu kelainan pada mata karena defisiensi vitamin A. Akibatnya penderita kesulitan melihat benda saat terjadi perubahan dari terang kegelap atau saat senja.
            e.   Katarak, yaitu mengaburnya lensa mata, yang dapat disebabkan oleh kekurangan  vitamin B atau juga factor usia       

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Materi Sistem Saraf Untuk SMP Kelas IX"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel