RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) UNTUK SMP KELAS IX PART 2
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP PGRI 10 Bandung
Kelas/Semester : IX/1
Mata Pelajaran :
IPA
Materi :
Sistem Reproduksi pada Manusia
Pertemuan ke :
2
A. Standar Kompetensi
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
B.
Kompetensi Dasar
1.2.Mendiskripsikan sistem
reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
C. Indikator
1.
Menunjukkan
bagain-bagian alat reproduksi manusia.
2.
Menjelaskan fungsi
bagian – bagian alat reprosuksi pria
3.
Menjelaskan fungsi
bagian – bagian alat reprosuksi wanita
4.
Menjelaskan
tahap – tahap reproduksi manusia
D.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1. Siswa
dapat menunjukkan bagain-bagian alat reproduksi manusia.
2. Siswa
dapat menjelaskan fungsi
bagian – bagian alat reprosuksi pria
3. Siswa
dapat menjelaskan fungsi bagian
– bagian alat reprosuksi wanita
4. Siswa
dapat menjelaskan tahap – tahap reproduksi manusia.
E.
Materi Pembelajaran
Reproduksi
adalah cara makhluk hidup untuk menghasilkan
individu baru yang memiliki sifat yang sama dengan induknya.
Reproduksi mempunyai alat reproduksi.
individu baru yang memiliki sifat yang sama dengan induknya.
Reproduksi mempunyai alat reproduksi.
Reproduksi merupakan ciri utama
makhluk hidup yang bertujuan untuk mempertahankan kelestarian
jenisnya.Reproduksi pada manusia diawali oleh peleburan sel kelamin jantan
(sperma) dengan sel kelamin betina (ovum) yang menghasilkan zigot.Berdasarkan
kepemilikan alat kelaminnya, manusia dikelompokkan menjadi organisme yang
bersifat gonochoris (satu individu memiliki satu alat
kelamin).
Sistem reproduksi manusia, baik
laki-laki maupun wanita, memiliki empat komponen utama dalam sistem reproduksinya,
yaitu:
1. Organ penghasil sel kelamin,
2. Saluran reproduksi,
3. Kelenjar tambahan, dan
4. Alat kopulasi (senggama)
1. Sistem Reproduksi Laki-laki
Sistem reproduksi laki-laki
dirancang untuk menghasilkan, menyimpan dan mengirimkan sperma.
Sistem reproduksi laki-laki terdiri
dari:
a.
Alat kelamin luar : terdiri dari skrotum dan penis.
b.
Alat kelamin dalam : terdiri atas testis, kelenjar
aksesori dan tubulus.
(Gambar 1) Alat Reproduksi Laki-laki
a. Testis
Testis merupakan bagian alat kelamin yang berfungsi menghasilkan sperma
dan hormon testosteron.Di dalam testis terdapat beberapa bagian sebagai
berikut.
1) Tubulus seminiferus : saluran berkelok-kelok tempat pembentukan
sperma (terjadi spermatogenesis).
2) Sel leydig
(sel intestisial) : berfungsi menghasilkan hormon testosteron.
3) Tunica
albicans : lapisan pembungkus testis, berupa lapisan fibrosa.
4) Sel sertoli
: berfungsi untuk menyediakan makanan bagi sperma.
b. Skrotum
Merupakan sebuah kantung yang berfungsi untuk menjaga agar suhu testis
di bawah suhu tubuh atau tidak jauh di bawah suhu tubuh. Ketika udara di luar
skrotum rendah, skrotum akan mendekat pada tubuh (mengerut) supaya testis
mendapat suhu lebih tinggi. Sebaliknya, jika suhu normal, skrotum akan menjauhi
tubuh supaya suhu testis tidak terlalu tinggi. Hal ini disebabkan karena
spermatogenesis tidak berlangsung baik pada suhu tubuh normal manusia.
c. Vas deferens
Berfungsi menyalurkan sperma menuju uretra (saluran air seni yang juga
sebagai saluran ejakulasi sperma).Di bagian ujungnya terdapat ampula,
yang merupakan pelebaran saluran ini, fungsinya sebagai muara dari kantong
semen (vesica seminalis).
d. Epididimis
Sebuah saluran berkelok-kelok yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan
dan pematangan sperma.
e. Uretra
Uretra merupakan
saluran sperma.Uretra berfungsi membawa sperma ke luar tubuh.
f. Tubulus recti
Tempat
bermuaranya saluran dari tubulus seminiferus.
g. Penis
Penis merupakan alat kopulasi.Kopulasi merupakan peristiwa masuknya
penis ke dalam vagina untuk melakukan reproduksi (menyalurkan sel sperma).
h. Kelenjar tambahan
1. Kantung
semen (vesica seminalis)
Kantung penampung semen (pemberi nutrisi bagi sperma).
2. Kelenjar prostat
Menghasilkan cairan berwarna putih susu yang bersifat basa (cairan ini
berfungsi untuk melindungi sperma dari suasana asam yang membahayakan sperma
saat berada di dalam vagina sehingga sperma dapat bergerak aktif.
3. Kelenjar
Cowper (Bolbouretra)
Berfungsi menghasilkan cairan pelicin (lendir) dan menambah cairan
semen.
2. Sistem Reproduksi wanita
Sistem reproduksi wanita terdiri dari:
a. Alat
kelamin luar (eksternal), meliputi klitoris, labia mayora dan labia minora,
lubang saluran kencing, lubang vagina, fundus (lipatan paha).
b. Alat
kelamin dalam (internal), meliputi sepasang ovarium (gonad), tuba fallopi
(oviduk), dan uterus (rahim).
(Gambar 2) Alat reproduksi
wanita
a. Ovarium (indung telur)
Sepasang ovarium terdapat di rongga perut dan berfungsi menghasilkan
sel telur (ovum) dan hormon (estrogen dan progesteron). Proses pembentukan ovum
di ovarium bersiklus selama 30 hari sekali dan disebut oogenesis,. Sel
telur yang sudah matang akan dikeluarkan dari ovarium. Peristiwa ini disebut
ovulasi.
b. Tuba fallopi (oviduk)
Merupakan saluran telur yang berjumlah sepasang (kanan dan kiri) dengan
panjang 12 cm. Bentuknya mirip corong dan berfungsi untuk menangkap sel telur
(ovum) serta menyalurkan ovum ke arah rahim dengan gerakan peristaltik dan
dibantu oleh gerakan silia yang terdapat di dinding tuba fallopi. Pada saluran
inilah terjadi pembuahan ovum oleh sperma.
c. Rahim (uterus)
Organ ini berbentuk seperti kantong dan berfungsi sebagai tempat
implantasi embrio (ovum yang dibuahi sperma akan menjadi embrio). Dinding rahim
tersusun atas tiga lapis jaringan, yaitu lapisan luar (serosa), lapisan
tengah (myometrium) dan lapisan dalam (endometrium).
d. Vagina
Merupakan alat kopulasi wanita sekaligus jalan keluarnya janin dari
dalam rahim ke dunia.Selain sebagai organ kelamin, vagina juga berfungsi sebagai
alat untuk mengeluarkan dinding endometrium yang meluruh saat menstruasi.
3. Tahap-tahap reproduksi
Manusia
1. Fertlisasi
Fertilisasi adalah proses
pembuahan. Bagaimana proses fertilisasi terjadi dalam tubuhmanusia?
Ovum matang dilepas ovarium dan ditangkap rumbai rumbai pada corong tuba
fallopi. Jika ada sperma masuk, maka
ovum dibuahi sperma.Ovum yang sudah dibuahi membentuk zigot, kemudian zigot
bergerak menuju rahim. Jika ovum tidak dibuahi sperma, jaringan dalam dinding
rahim yang telah menebal dan banyak pembuluh darah akan rusak dan luruh
sehingga terjadi menstruasi. Bersamaan dengan terjadinya pematangan ovum,
selseldinding rahim tumbuh menebal dan banyak pembuluh darah sehingga pada saat
zigot datang dan menempel tidak terjadi gangguan.Pematangan ovum dan penebalan
dinding rahim dipengaruhi hormon esterogen dan progesterone.Di rahim embrio
berkembang selama 9 bulan untuk menjadi bayi.
2. Perkembangan Embrio
1) Usia 4 minggu, sudah tampak pertumbuhan mata dan telinga
2) Usia 8 minggu, sudah terbentuk janin yang mirip dengan bayi, mulai tampak tangan, jari tangan,
hidung, dan kaki.
3) Usia 10 minggu, panjang janin lebih kurang 6 cm dan sudah terlihat seperti bayi. Ukuran
kepalanya lebih besar dari pada
ukuran badan.
4) Usia 16 minggu, panjang janin telah mencapai 40 cm dan memilliki organ yang sudah lengkap.
5) Usia 40 minggu, janin sudah siap untuk
dilahirkan.
F. Metode Pembelajaran
a. Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi
b.
Model Pembelajaran : Make a Match
G.
Media, Alat dan Sumber
Pembelajaran:
a. Media
: Video dan PPT
b. Alat
: Laptop dan LCD
c. Sumber Pembelajarana :Elok Sudibyo, dkk. 2008. Mari Belajar
IPA
SMP IX. Jakarta:.Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan
|
Strategi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
Apresiasi
|
a.
Guru memulai pelajaran dengan salam.
b.
Guru mengkondisikan kelas.
c.
Gru mengecek sudah membaca doa sebelum belajar.
d.
Guru mengecek kehadiran siswa.
e.
Guru menyampaikan tujuan pembelajran.
f.
Guru melakukan pengulangan (review)
materi sebelumnya yaitu materi system ekskresi.
g.
Guru melakukan apersepsi dengan siswa mengenai materi
yang akan diajarkan, seperti “Coba lihat disekeliling kelas kalian apakah
semuanya berjenis kelamin yangsama atau tidak?” diikuti juga dengan pertanyaan
“Apa kalian sadar kalian dilahirkan kemuka bumi ini hasil perbuatan apa?”
|
a.Siswa menjawab salam
b. Siswa sudah
siap untuk menerima pelajaran.
c. Ketua Murid
menjawab.
d. Sekertaris
memberi absensi.
e. Siswa
mendengarkan tujuan pembelajran .
f. Siswa
mengingat kembali materi sebelumnya.
g. Siswa
menjawab pertanyaan.
|
10 Menit
|
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
|
Guru menjelaskan materi
tentang alat-alat reproduksi laki-laki dan wanita serta tahap-tahap
reproduksi manusia (fertiisas dan perkembangan embrio)
|
Siswa
mendengarkan dan menulis materi yang dianggap penting
|
25 Menit
|
Elaborasi
|
a. Guru membagikan kedalam
10 kelompok
b. Guru membagikan LKS “Sistem
Reproduksi”
c. Guru memberi arahan apa saja yang harus
dikerjakan di LKS
d. Guru memberi
kesempatan kesetiap kelompoknya untuk menyampaikan hasil diskusi.
e. Guru menilai kemampuan siswa berkomunikasi
lisan.
f. Guru memberi
intruksi ke setiap kelompok untuk menempelkan jawaban dari alat reproduksi
laki-laki dan wanita dipapan tulis.
|
a. Siswa menempati kelompoknya masing-masing
b. Siswa menerima LKS
c. Siswa
berdiskusi dengan kelompoknya masing-masing untuk menjawab pertanyaan di LKS.
d. Siswa menyampaikan secara lisan hasil diskusi yang telah dilakukan.
e. Siswa menanggapi hasil diskusi kelompok
lainnya
f. Siswa
berlomba-lomba kedepan kelas untuk menempelkan jawababan tersebut.
|
30 Menit
|
|
Konfirmasi
|
a. Guru mengklarifikasi hasil pembelajaran jika
terjadi miskonsepsi pada saat diskusi
b. Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
c. Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
|
a. Siswa mendengarkan dan mencatat apa yang
diklarifikasi guru.
b.Siswa bertanya.
c. Siswa menyimpulkan
materi pembelajaran.
|
10 Menit
|
|
Penuup
|
a.
Guru memberikan
tugas untuk minggu depan tentang penyakit sistem reproduksi.
b.
Guru mengakhiri
pembelajaran dengan mengucapkan salam
|
a.
Siswa
mencatat tugas yang diberikan guru.
b.
Siswa
menjawab salam.
|
5 Menit
|
I.
Penilaian
Metode dan Bentuk Instrumen
Ranah
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
Ket
|
.
Pengetahuan
(Kognitif)
|
Test
|
Essay
|
LKS
|
Terlampir
|
Menunjukkan Bagian-bagian
alat Reproduksi Manusia.
|
Karton
|
Bandung, 22 September 2016
Mengetahui
Guru Pamong Biologi, Guru Praktikkan,
Lilis
Farida Fanhur, S.Pd
Cica Aisyah Nurlatifah
NIP.
19620813198603-2-006 NIM.1132060016
Mengetahui,
Kepala Sekolah/Madrasah
Wawan Karnawan, S.Pd.,M.Pd
NIP
: 196211251985012003
0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) UNTUK SMP KELAS IX PART 2"
Posting Komentar