-->

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) UNTUK SMP KELAS IX PART 2


RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                   : SMP PGRI 10 Bandung
Kelas/Semester                        : IX/1
Mata Pelajaran                        : IPA
Materi                                      : Sistem Reproduksi pada Manusia
Pertemuan ke                          : 2
Alokasi Waktu                        : 2x40 Menit (1 pertemuan)

A.      Standar Kompetensi     
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
B.       Kompetensi Dasar
1.2.Mendiskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
C.      Indikator
1.    Menunjukkan bagain-bagian alat reproduksi manusia.
2.    Menjelaskan fungsi bagian – bagian alat reprosuksi pria
3.    Menjelaskan fungsi bagian – bagian alat reprosuksi wanita
4.    Menjelaskan tahap – tahap reproduksi manusia
D.      Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1.    Siswa dapat menunjukkan bagain-bagian alat reproduksi manusia.
2.    Siswa dapat menjelaskan fungsi bagian – bagian alat reprosuksi pria
3.    Siswa dapat menjelaskan fungsi bagian – bagian alat reprosuksi wanita
4.    Siswa dapat menjelaskan tahap – tahap reproduksi manusia.
E.       Materi Pembelajaran
Reproduksi adalah cara makhluk hidup untuk menghasilkan
individu baru yang memiliki sifat yang sama dengan induknya.
Reproduksi mempunyai alat reproduksi.
Reproduksi merupakan ciri utama makhluk hidup yang bertujuan untuk mempertahankan kelestarian jenisnya.Reproduksi pada manusia diawali oleh peleburan sel kelamin jantan (sperma) dengan sel kelamin betina (ovum) yang menghasilkan zigot.Berdasarkan kepemilikan alat kelaminnya, manusia dikelompokkan menjadi organisme yang bersifat gonochoris (satu individu memiliki satu alat kelamin).
Sistem reproduksi manusia, baik laki-laki maupun wanita, memiliki empat komponen utama dalam sistem reproduksinya, yaitu:
1. Organ penghasil sel kelamin,
2. Saluran reproduksi,
3. Kelenjar tambahan, dan                               
4. Alat kopulasi (senggama)
1. Sistem Reproduksi Laki-laki
Sistem reproduksi laki-laki dirancang untuk menghasilkan, menyimpan dan mengirimkan sperma.
Sistem reproduksi laki-laki terdiri dari:
a.         Alat kelamin luar : terdiri dari skrotum dan penis.
b.         Alat kelamin dalam : terdiri atas testis, kelenjar aksesori dan tubulus.


(Gambar 1) Alat Reproduksi Laki-laki
a. Testis
Testis merupakan bagian alat kelamin yang berfungsi menghasilkan sperma dan hormon testosteron.Di dalam testis terdapat beberapa bagian sebagai berikut.
1) Tubulus seminiferus : saluran berkelok-kelok tempat pembentukan sperma (terjadi spermatogenesis).
2) Sel leydig (sel intestisial) : berfungsi menghasilkan hormon testosteron.
3) Tunica albicans : lapisan pembungkus testis, berupa lapisan fibrosa.
4) Sel sertoli : berfungsi untuk menyediakan makanan bagi sperma.
b. Skrotum
Merupakan sebuah kantung yang berfungsi untuk menjaga agar suhu testis di bawah suhu tubuh atau tidak jauh di bawah suhu tubuh. Ketika udara di luar skrotum rendah, skrotum akan mendekat pada tubuh (mengerut) supaya testis mendapat suhu lebih tinggi. Sebaliknya, jika suhu normal, skrotum akan menjauhi tubuh supaya suhu testis tidak terlalu tinggi. Hal ini disebabkan karena spermatogenesis tidak berlangsung baik pada suhu tubuh normal manusia.
c. Vas deferens
Berfungsi menyalurkan sperma menuju uretra (saluran air seni yang juga sebagai saluran ejakulasi sperma).Di bagian ujungnya terdapat ampula, yang merupakan pelebaran saluran ini, fungsinya sebagai muara dari kantong semen (vesica seminalis).
d. Epididimis
Sebuah saluran berkelok-kelok yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan pematangan sperma.
e. Uretra
Uretra merupakan saluran sperma.Uretra berfungsi membawa sperma ke luar tubuh.
f. Tubulus recti
Tempat bermuaranya saluran dari tubulus seminiferus.
g. Penis
Penis merupakan alat kopulasi.Kopulasi merupakan peristiwa masuknya penis ke dalam vagina untuk melakukan reproduksi (menyalurkan sel sperma).
h. Kelenjar tambahan
1. Kantung semen (vesica seminalis)
Kantung penampung semen (pemberi nutrisi bagi sperma).
2. Kelenjar prostat
Menghasilkan cairan berwarna putih susu yang bersifat basa (cairan ini berfungsi untuk melindungi sperma dari suasana asam yang membahayakan sperma saat berada di dalam vagina sehingga sperma dapat bergerak aktif.
3. Kelenjar Cowper (Bolbouretra)
Berfungsi menghasilkan cairan pelicin (lendir) dan menambah cairan semen.
2. Sistem Reproduksi wanita
Sistem reproduksi wanita terdiri dari:
a.       Alat kelamin luar (eksternal), meliputi klitoris, labia mayora dan labia minora, lubang saluran kencing, lubang vagina, fundus (lipatan paha).
b.      Alat kelamin dalam (internal), meliputi sepasang ovarium (gonad), tuba fallopi (oviduk), dan uterus (rahim).







(Gambar 2) Alat reproduksi wanita
a. Ovarium (indung telur)
Sepasang ovarium terdapat di rongga perut dan berfungsi menghasilkan sel telur (ovum) dan hormon (estrogen dan progesteron). Proses pembentukan ovum di ovarium bersiklus selama 30 hari sekali dan disebut oogenesis,. Sel telur yang sudah matang akan dikeluarkan dari ovarium. Peristiwa ini disebut ovulasi.
b. Tuba fallopi (oviduk)
Merupakan saluran telur yang berjumlah sepasang (kanan dan kiri) dengan panjang 12 cm. Bentuknya mirip corong dan berfungsi untuk menangkap sel telur (ovum) serta menyalurkan ovum ke arah rahim dengan gerakan peristaltik dan dibantu oleh gerakan silia yang terdapat di dinding tuba fallopi. Pada saluran inilah terjadi pembuahan ovum oleh sperma.
c. Rahim (uterus)
Organ ini berbentuk seperti kantong dan berfungsi sebagai tempat implantasi embrio (ovum yang dibuahi sperma akan menjadi embrio). Dinding rahim tersusun atas tiga lapis jaringan, yaitu lapisan luar (serosa), lapisan tengah (myometrium) dan lapisan dalam (endometrium).
d. Vagina
Merupakan alat kopulasi wanita sekaligus jalan keluarnya janin dari dalam rahim ke dunia.Selain sebagai organ kelamin, vagina juga berfungsi sebagai alat untuk mengeluarkan dinding endometrium yang meluruh saat menstruasi.
3. Tahap-tahap reproduksi Manusia
1. Fertlisasi
Fertilisasi adalah proses pembuahan. Bagaimana proses fertilisasi terjadi dalam tubuhmanusia?
Ovum matang dilepas ovarium dan ditangkap rumbai rumbai pada corong tuba fallopi. Jika ada sperma masuk, maka ovum dibuahi sperma.Ovum yang sudah dibuahi membentuk zigot, kemudian zigot bergerak menuju rahim. Jika ovum tidak dibuahi sperma, jaringan dalam dinding rahim yang telah menebal dan banyak pembuluh darah akan rusak dan luruh sehingga terjadi menstruasi. Bersamaan dengan terjadinya pematangan ovum, selseldinding rahim tumbuh menebal dan banyak pembuluh darah sehingga pada saat zigot datang dan menempel tidak terjadi gangguan.Pematangan ovum dan penebalan dinding rahim dipengaruhi hormon esterogen dan progesterone.Di rahim embrio berkembang selama 9 bulan untuk menjadi bayi.
2. Perkembangan Embrio
1) Usia 4 minggu, sudah tampak pertumbuhan mata dan telinga
2) Usia 8 minggu, sudah terbentuk janin yang mirip dengan bayi, mulai tampak tangan, jari tangan, hidung, dan kaki.
3) Usia 10 minggu, panjang janin lebih kurang 6 cm dan sudah terlihat seperti bayi. Ukuran kepalanya lebih besar dari pada ukuran badan.
4) Usia 16 minggu, panjang janin telah mencapai 40 cm dan memilliki organ yang sudah lengkap.
5) Usia 40 minggu, janin sudah siap untuk dilahirkan.
F.     Metode Pembelajaran    
a.    Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi
b.    Model  Pembelajaran   : Make a Match
G.      Media, Alat dan  Sumber Pembelajaran:
a.    Media                          : Video dan PPT
b.    Alat                             : Laptop dan LCD
c.    Sumber Pembelajarana :Elok Sudibyo, dkk. 2008. Mari Belajar IPA
  SMP IX. Jakarta:.Pusat Perbukuan Departemen     Pendidikan Nasional
H.              Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Strategi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Guru
Siswa
Apresiasi

a.       Guru memulai pelajaran dengan salam.
b.      Guru mengkondisikan kelas.
c.       Gru mengecek sudah membaca doa sebelum belajar.
d.      Guru mengecek kehadiran siswa.
e.       Guru menyampaikan tujuan pembelajran.
f.       Guru melakukan pengulangan  (review) materi sebelumnya yaitu materi system ekskresi.
g.      Guru melakukan apersepsi dengan siswa mengenai materi yang akan diajarkan, seperti “Coba lihat disekeliling kelas kalian apakah semuanya berjenis kelamin yangsama atau tidak?” diikuti juga dengan pertanyaan “Apa kalian sadar kalian dilahirkan kemuka bumi ini hasil perbuatan apa?”
a.Siswa menjawab salam
b. Siswa sudah siap untuk menerima pelajaran.
c. Ketua Murid menjawab.
d. Sekertaris memberi absensi.
e. Siswa mendengarkan tujuan pembelajran .
f. Siswa mengingat kembali materi sebelumnya.
g. Siswa menjawab pertanyaan.

10 Menit
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Guru menjelaskan materi tentang alat-alat reproduksi laki-laki dan wanita serta tahap-tahap reproduksi manusia (fertiisas dan perkembangan embrio)
Siswa mendengarkan dan menulis materi yang dianggap penting
25 Menit
Elaborasi
a.    Guru membagikan  kedalam 10 kelompok
b.    Guru membagikan LKS “Sistem Reproduksi”
c.    Guru memberi arahan apa saja yang harus dikerjakan di LKS
d.   Guru memberi kesempatan kesetiap kelompoknya untuk menyampaikan hasil diskusi.
e.    Guru menilai kemampuan siswa berkomunikasi lisan.
f.     Guru memberi intruksi ke setiap kelompok untuk menempelkan jawaban dari alat reproduksi laki-laki dan wanita dipapan tulis.
a.    Siswa menempati kelompoknya masing-masing
b.    Siswa menerima LKS
c.    Siswa berdiskusi dengan kelompoknya masing-masing untuk menjawab pertanyaan di LKS.
d.   Siswa menyampaikan secara lisan hasil diskusi yang telah dilakukan.
e.    Siswa menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya
f.     Siswa berlomba-lomba kedepan kelas untuk menempelkan jawababan tersebut.

30 Menit
Konfirmasi
a.       Guru mengklarifikasi hasil pembelajaran jika terjadi miskonsepsi pada saat diskusi
b.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
c.       Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
a. Siswa mendengarkan dan mencatat apa yang diklarifikasi guru.
b.Siswa bertanya.
c. Siswa menyimpulkan materi pembelajaran.

10 Menit
Penuup

a.         Guru memberikan tugas untuk minggu depan tentang penyakit sistem reproduksi.
b.         Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam
a.                  Siswa mencatat tugas yang diberikan guru.
b.                 Siswa menjawab salam.
5 Menit

I.       Penilaian
Metode dan Bentuk Instrumen
Ranah
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Ket
. Pengetahuan 
   (Kognitif)
Test
Essay
LKS
Terlampir
Menunjukkan Bagian-bagian alat Reproduksi Manusia.
Karton


Bandung, 22 September 2016
Mengetahui                                     
Guru Pamong Biologi,                                                       Guru Praktikkan,






Lilis Farida Fanhur, S.Pd                                                   Cica Aisyah Nurlatifah
NIP. 19620813198603-2-006                                           NIM.1132060016





Mengetahui,
Kepala Sekolah/Madrasah




Wawan Karnawan, S.Pd.,M.Pd
NIP : 196211251985012003

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) UNTUK SMP KELAS IX PART 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel