RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sisitem Reproduksi Untuk SMP Kelas IX
(RPP)
Sekolah :
SMP PGRI 10 Bandung
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Semester : IX/1
Pertemuan ke- : 3 dan 4
A. Standar Kompetensi
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan
manusia
B. Kompetensi Dasar
1.2. Mendiskripsikan sistem reproduksi dan
penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
C. Indikator
1. Menyebutkan
macam organ penyusun sistem reproduksi pada manusia beserta fungsinya.
2. Menjelaskan Siklus Menstruasi
3. Menjelaskan fertilisasi dan perkembangan
embrio
4. Menyebutkan penyakit pada alat reproduksi
dan mengenal Penyakit AIDS
D.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1. Siswa dapat menyebutkan macam-macam organ penyusun sistem
reproduksi pada manusia
beserta fungsimya.
2. Siswa dapat menjelaskan fertilisasi dan
perkembangan embrio
3. Siswa dapat menjelaskan siklus Menstruasi
4. Siswa dapat menyebutkan penyakit pada alat
reproduksi dan menjelaskan penyakit AIDS.
E.
Materi Pembelajaran
Susunan
alat perkembangbiakan pada pria : sepasang testis (penghasil sperma), sepasang
vas deferens (saluran sperma) dan sebuah penis (organ kopulasi) Susunan alat perkembangbiakan pada wanita : sepasang ovarium (penghasil
ovum), sepasang tuba falopi (saluran telur), dan sebuah uterus (tempat pertumbuhan
dan perkembangan embrio) dan sebuah vagina (lubang pelepasan janin)
Fertilisasinya : secara
internal
Peristiwa yang terjadi jika
ovum dibuahi : terjadi kehamilan
Peristiwa yang terjadi jika
ovum tidak dibuahi : terjadi menstruasi
Penyakit-penyakit pada alat
reproduksi manusia :
1. herpes genitalis disebabkan virus herpes simpleks
2. Gonorea disebabkan bakteri
3. Kutil pada alat kelamin disebabkan virus papiloma
4. Sifilis disebabkan bakteri
5. AIDSdisebabkan virus HIV
Cara mencegah penularan AIDS :
a. Abstinence (aman tidak berhubungan sex)
b. Be faithful (saling setia)
c. Condom
d. Drug (narkoba)
e. Equipment (alat-alat bersih, steril)
F.
Media/
Sumber Pembelajaran
Media : Laptop, Gambar alat reproduksi pria
dan wanita
Sumber
Pembelajarana : Elok Sudibyo, dkk. 2008. Mari Belajar IPA
SMP IX. Jakarta:. Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional
G. Metode Pembelajaran : Metode Team Games Tournament (TGT)
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 3
No
|
Strategi Pembelajaran
|
Aktivitas
|
Waktu
|
|
Guru
|
Murid
|
|||
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Guru memulai pembelajaran dengan salam dan
doa dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
Siswa memulai pembelajaran dengan menjawab
salam dan doa.
|
10 Menit
|
Apresiasi:
Coba perhatikan dua gambar berikut:
Gambar 1
Diikuti dengan pertanyaan “Apa perbedaan yang
terlihat dari kedua gambar tersebut?”
|
Murid
mendengarkan dan menjawab pertanyaan dari guru.
|
|||
2.
|
Kegiatan Inti
|
Pada awal pembelajaran guru menyampaikan materi
dalam penyajian kelas, dilakukan dengan pengajaran langsung atau dengan
ceramah, diskusi yang dipimpin guru.
|
Siswa harus benar-benar memperhatikan dan
memahami materi yang disampaikan guru, karena akan membantu siswa bekerja lebih baik
pada saat kerja kelompok dan pada saat game karena skor game akan menentukan
skor kelompok.
|
60 Menit
|
Guru membagi kelompok biasanya terdiri dari 4 sampai 5 orang
siswa yang anggotanya heterogen dilihat dari prestasi akademik, dan jenis kelamin. Fungsi kelompok adalah untuk
lebih mendalami materi bersama teman kelompoknya dan lebih khusus untuk
mempersiapkan anggota kelompok agar bekerja dengan baik dan optimal pada saat
game
|
Siswa duduk bersama setiap kelompoknya yang
sudah ditentukan guru.
|
|||
Guru memberi game terdiri dari pertanyaan-pertanyaan yang
dirancang untuk menguji pengetahuan yang didapat siswa dari penyajian kelas
dan belajar kelompok. Kebanyakan game terdiri dari pertanyaan-pertanyaan
sederhana bernomor. Siswa memilih kartu bernomor dan mencoba menjawab
pertanyaan yang sesuai dengan nomor itu. Siswa yang menjawab benar pertanyaan
itu akan mendapat skor. Skor ini yang nantinya dikumpulkan siswa untuk
turnamen mingguan.
|
Siswa menyimak pertanyaan dari guru dan diantara
kelompok-kelompok mereka ada yang menjawab pertanyaan tersebut.
|
|||
Guru kemudian mengumumkan kelompok yang menang sementara, nilai yang paling besar di akumulasikan pada pertemuan selanjutnya masing-masing team akan mendapat hadiah
apabila rata-rata skor memenuhi kriteria yang ditentukan. Team mendapat
julukan “Super Team” jika rata-rata skor 45 atau lebih, “Great Team” apabila
rata-rata mencapai 40-45 dan “Good Team” apabila rata-ratanya 30-40
|
Siswa mendengarkan dan memberikan tepuk tangan
untuk kelompok yang nilainya paling besar
|
|||
3.
|
Penutup
|
Guru menyimpulkan Pmbelajaran
|
Siswa mendengarkan dan mencatat yang di anggap
penting
|
10 Menit
|
Guru mengucap salam
|
Siswa menjawab salam dari guru.
|
Pertemuan 4
No
|
Strategi Pembelajaran
|
Aktivitas
|
Waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
1.
|
Kegiattan Pendahuluan
|
Guru memulai pembelajaran dengan salam dan
doa dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
Siswa memulai pembelajaran dengan menjawab
salam dan doa.
|
10 Menit
|
Gambar 2
Dari gambar 1 dapat kita lihat ibu hamil yang
merupakan bentuk dari hasil fertilisasi antara sel sperma dan sel telur. Dan
dari gambar yang kedua Seorang anak yang tidak berdosa, akibat perbuatan
orang tuanya menjadi positif menderita Aids. Penyakit aids meiliki ciri-ciri
bintik merah pada seluruh permukaan kulitnya.
|
Siswa mengamati gambar tersebut dan
memperhatikan penjelasan dari guru.
|
|||
2
|
Kegiantan Inti
|
Pada awal pembelajaran guru menyampaikan materi
dalam penyajian kelas, dilakukan dengan pengajaran langsung atau dengan
ceramah, diskusi yang dipimpin guru.
|
Siswa harus benar-benar memperhatikan dan
memahami materi yang disampaikan guru, karena akan membantu siswa bekerja lebih baik
pada saat kerja kelompok dan pada saat game karena skor game akan menentukan
skor kelompok
|
60 Menit
|
Guru memberi arahan supaya kumpul bersama kelompok yang sudah di bagikan pada saat pertemuan
kemarin.
|
Siswa duduk bersama setiap kelompoknya yang
sudah ditentukan guru.
|
|||
Guru memberi game terdiri dari pertanyaan-pertanyaan yang
dirancang untuk menguji pengetahuan yang didapat siswa dari penyajian kelas
dan belajar kelompok. Kebanyakan game terdiri dari pertanyaan-pertanyaan
sederhana bernomor. Siswa memilih kartu bernomor dan mencoba menjawab
pertanyaan yang sesuai dengan nomor itu. Siswa yang menjawab benar pertanyaan
itu akan mendapat skor. Skor ini yang nantinya dikumpulkan siswa untuk
turnamen mingguan.
|
Siswa menyimak pertanyaan dari guru dan diantara
kelompok-kelompok mereka ada yang menjawab pertanyaan tersebut.
|
|||
Guru kemudian mengumumkan kelompok yang paling besar nilainya yang sudah diakumulasikan pada pertemuan sebelumnya masing-masing team akan mendapat hadiah apabila
rata-rata skor memenuhi kriteria yang ditentukan. Team mendapat julukan
“Super Team” jika rata-rata skor 45 atau lebih, “Great Team” apabila
rata-rata mencapai 40-45 dan “Good Team” apabila rata-ratanya 30-40
|
Siswa mendengarkan dan mencatat yang di anggap
penting
|
|||
3.
|
Kegiatan Penutup
|
Guru menyimpulkan pembelajaran
|
Siswa mendengarkan guru dan mencatat yang
dianggap penting
|
10 Menit
|
Guru memberi salam
|
Murid menjawab salam
|
J.
Penilaian
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Penilain diskusi
|
Instrumen penilain dari game
|
Bandung, 16 Agustus2016
Mengetahui
Guru Pamong, Guru
Praktikkan,
Lilis Farida Fanhur, SP.d
Cica Aisyah N
NIP. 19620813198603-2-006 NIM.1132060016
0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sisitem Reproduksi Untuk SMP Kelas IX"
Posting Komentar