-->

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sisitem Reproduksi Untuk SMP Kelas IX

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                   : SMP PGRI 10 Bandung
Mata Pelajaran                        : IPA
Kelas/Semester                        : IX/1
Pertemuan ke-                         : 3 dan 4
Alokasi Waktu                        : 4x40 Menit

A.    Standar Kompetensi 
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
B.     Kompetensi Dasar
1.2. Mendiskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
C.    Indikator
1.    Menyebutkan macam organ penyusun sistem reproduksi pada manusia beserta fungsinya.
2.    Menjelaskan Siklus Menstruasi
3.    Menjelaskan fertilisasi dan perkembangan embrio
4.    Menyebutkan penyakit pada alat reproduksi dan mengenal Penyakit AIDS
D.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1.      Siswa dapat menyebutkan macam-macam organ penyusun sistem reproduksi pada manusia beserta fungsimya.
2.      Siswa dapat menjelaskan fertilisasi dan perkembangan embrio
3.      Siswa dapat menjelaskan siklus Menstruasi
4.      Siswa dapat menyebutkan penyakit pada alat reproduksi dan menjelaskan penyakit AIDS.
E.     Materi Pembelajaran
Susunan alat perkembangbiakan pada pria : sepasang testis (penghasil sperma), sepasang vas deferens (saluran sperma) dan sebuah penis (organ kopulasi) Susunan alat perkembangbiakan pada wanita : sepasang ovarium (penghasil ovum), sepasang tuba falopi (saluran telur), dan sebuah uterus (tempat pertumbuhan dan perkembangan embrio) dan sebuah vagina (lubang pelepasan janin)
Fertilisasinya : secara internal
Peristiwa yang terjadi jika ovum dibuahi : terjadi kehamilan
Peristiwa yang terjadi jika ovum tidak dibuahi : terjadi menstruasi
Penyakit-penyakit pada alat reproduksi manusia :
1.      herpes genitalis disebabkan virus herpes simpleks
2.      Gonorea disebabkan bakteri
3.      Kutil pada alat kelamin disebabkan virus papiloma
4.      Sifilis disebabkan bakteri
5.      AIDSdisebabkan virus HIV
Cara mencegah penularan AIDS :
a.       Abstinence (aman tidak berhubungan sex)
b.      Be faithful (saling setia)
c.       Condom
d.      Drug (narkoba)
e.       Equipment (alat-alat bersih, steril)
F.     Media/ Sumber Pembelajaran
Media                                : Laptop, Gambar alat reproduksi pria dan wanita
Sumber Pembelajarana     : Elok Sudibyo, dkk. 2008. Mari Belajar IPA SMP IX. Jakarta:. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
G.      Metode Pembelajaran    : Metode Team Games Tournament (TGT)
H.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 3
No
Strategi Pembelajaran
Aktivitas
Waktu
Guru
Murid
1.
Kegiatan Pendahuluan
Guru memulai pembelajaran dengan salam dan doa dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
Siswa memulai pembelajaran dengan menjawab salam dan doa.
10 Menit
Apresiasi:
Coba perhatikan dua gambar berikut:
                Gambar 1





Gambar 2
Diikuti dengan pertanyaan “Apa perbedaan yang terlihat dari kedua gambar tersebut?”
 Murid mendengarkan dan menjawab pertanyaan dari guru.
2.
Kegiatan Inti
Pada awal pembelajaran guru menyampaikan materi dalam penyajian kelas, dilakukan dengan pengajaran langsung atau dengan ceramah, diskusi yang dipimpin guru.
Siswa harus benar-benar memperhatikan dan memahami materi yang disampaikan guru,  karena akan membantu siswa bekerja lebih baik pada saat kerja kelompok dan pada saat game karena skor game akan menentukan skor kelompok.
60 Menit
Guru membagi kelompok biasanya terdiri dari 4 sampai 5 orang siswa yang anggotanya heterogen dilihat dari prestasi akademik, dan jenis kelamin. Fungsi kelompok adalah untuk lebih mendalami materi bersama teman kelompoknya dan lebih khusus untuk mempersiapkan anggota kelompok agar bekerja dengan baik dan optimal pada saat game
Siswa duduk bersama setiap kelompoknya yang sudah ditentukan guru.
Guru memberi game terdiri dari pertanyaan-pertanyaan yang dirancang untuk menguji pengetahuan yang didapat siswa dari penyajian kelas dan belajar kelompok. Kebanyakan game terdiri dari pertanyaan-pertanyaan sederhana bernomor. Siswa memilih kartu bernomor dan mencoba menjawab pertanyaan yang sesuai dengan nomor itu. Siswa yang menjawab benar pertanyaan itu akan mendapat skor. Skor ini yang nantinya dikumpulkan siswa untuk turnamen mingguan.
Siswa menyimak pertanyaan dari guru dan diantara kelompok-kelompok mereka ada yang menjawab pertanyaan tersebut.

Guru kemudian mengumumkan kelompok yang menang sementara, nilai yang paling besar di akumulasikan pada pertemuan selanjutnya masing-masing team akan mendapat hadiah apabila rata-rata skor memenuhi kriteria yang ditentukan. Team mendapat julukan “Super Team” jika rata-rata skor 45 atau lebih, “Great Team” apabila rata-rata mencapai 40-45 dan “Good Team” apabila rata-ratanya 30-40
Siswa mendengarkan dan memberikan tepuk tangan untuk kelompok yang nilainya paling besar
3.
Penutup
Guru menyimpulkan Pmbelajaran
Siswa mendengarkan dan mencatat yang di anggap penting
10 Menit

Guru mengucap salam
Siswa menjawab salam dari guru.

Pertemuan 4
No
Strategi Pembelajaran
Aktivitas
Waktu
Guru
Siswa
1.
Kegiattan Pendahuluan
Guru memulai pembelajaran dengan salam dan doa dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
Siswa memulai pembelajaran dengan menjawab salam dan doa.
10 Menit


Coba perhatikan dua gambar berikut:
Gambar 1
                        Gambar 2
Dari gambar 1 dapat kita lihat ibu hamil yang merupakan bentuk dari hasil fertilisasi antara sel sperma dan sel telur. Dan dari gambar yang kedua Seorang anak yang tidak berdosa, akibat perbuatan orang tuanya menjadi positif menderita Aids. Penyakit aids meiliki ciri-ciri bintik merah pada seluruh permukaan kulitnya.
Siswa mengamati gambar tersebut dan memperhatikan penjelasan dari guru.

2













Kegiantan Inti
Pada awal pembelajaran guru menyampaikan materi dalam penyajian kelas, dilakukan dengan pengajaran langsung atau dengan ceramah, diskusi yang dipimpin guru.
Siswa harus benar-benar memperhatikan dan memahami materi yang disampaikan guru,  karena akan membantu siswa bekerja lebih baik pada saat kerja kelompok dan pada saat game karena skor game akan menentukan skor kelompok













60 Menit

Guru memberi arahan supaya kumpul bersama kelompok yang sudah di bagikan pada saat pertemuan kemarin.
Siswa duduk bersama setiap kelompoknya yang sudah ditentukan guru.

Guru memberi game terdiri dari pertanyaan-pertanyaan yang dirancang untuk menguji pengetahuan yang didapat siswa dari penyajian kelas dan belajar kelompok. Kebanyakan game terdiri dari pertanyaan-pertanyaan sederhana bernomor. Siswa memilih kartu bernomor dan mencoba menjawab pertanyaan yang sesuai dengan nomor itu. Siswa yang menjawab benar pertanyaan itu akan mendapat skor. Skor ini yang nantinya dikumpulkan siswa untuk turnamen mingguan.
Siswa menyimak pertanyaan dari guru dan diantara kelompok-kelompok mereka ada yang menjawab pertanyaan tersebut.

Guru kemudian mengumumkan kelompok yang paling besar nilainya yang sudah diakumulasikan pada pertemuan sebelumnya masing-masing team akan mendapat hadiah apabila rata-rata skor memenuhi kriteria yang ditentukan. Team mendapat julukan “Super Team” jika rata-rata skor 45 atau lebih, “Great Team” apabila rata-rata mencapai 40-45 dan “Good Team” apabila rata-ratanya 30-40
Siswa mendengarkan dan mencatat yang di anggap penting
3.
Kegiatan Penutup
Guru menyimpulkan pembelajaran
Siswa mendengarkan guru dan mencatat yang dianggap penting
10 Menit
Guru memberi salam
Murid menjawab salam

J.        Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Penilain diskusi
Instrumen penilain dari game




Bandung, 16 Agustus2016
Mengetahui                                     
Guru Pamong,                                                                         Guru Praktikkan,





Lilis Farida Fanhur, SP.d                                                        Cica Aisyah N
NIP. 19620813198603-2-006                                                 NIM.1132060016

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sisitem Reproduksi Untuk SMP Kelas IX"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel