Ragam Indikator Keterampilan Proses Sains Menurut Para Ahli
No
|
Ragam
Indikator Keterampilan Proses Sains Menurut Para Ahli
|
|
Menurut
|
Indikator
Keterampilan Proses Sains
|
|
1
|
Rustaman
(2005:86)
|
Observasi,
klasifikasi, interpretasi, prediksi, mengajukan pertanyaan, berhipotesis,
merencanakan percobaan, menggunakan alat bahan, menerapkan konsep,
berkomunikasi, melaksanakan percobaan.
|
2
|
Semiawan
(1986:21)
|
Observasi,
menghitung, mengukur, mengklasifikais, mencari hubungan ruang/waktu, membuat
hipotesis, merencanakan eksperimen, mengendalikan variabel, menginterpretasi,
inferensi, memprediksi, mengaplikasi dan mengkomunikasikan.
|
3
|
Barba
dalam Pudyo (1999:72) dikutip Fatmawati (2012:51)
|
Dibedakan
menjadi keterampilan proses dasar dan keterampilan proses terintegrasi.
Keterampilan proses dasar meliputi: observasi, klasifikasi, pengukuran,
komunikasi, menyimpulkan, prediksi, hubungan tempat atau waktu, penggunaan
angka dan identifikasi variabel. Sedangkan keterampilan proses terintegrasi
meliputi: penyususnan hipotesis, pengontrolan variabel, investigasi,
pendefinisian operasional dan eksperimen.
|
Menurut Rustaman (2005:86) keterampilan
proses sains terdiri dari sepuluh komponen keterampilan, yang tertuang dalam
indikator dan sub indikatornya yaitu:
Indikator
dan Sub Indikator Keterampilan Proses Sains
No.
|
Indikator
|
Sub
Indikator
|
1.
|
Mengamati/
observasi
|
- Menggunakan
sebanyak mungkin indera
- Mengumpulkan/
menggunakan fakta yang relevan
|
2.
|
Mengelompokkan
klasifikasi
|
- Mencatat
setiap pengamatan secara terpisah
- Mencari
perbedaan, persamaan
- Mengontaskan
ciri-ciri
- Membandingkan
- Mencari
dasar pengelompokkan atau penggolongan
- Menghubungkan
hasil-hasil pengamatan
|
3.
|
Menafsirkan/
interpretasi
|
- Menghubungkan
hasil-hasilpengamatan
- Menemukan
pola dalam suatu seri pengamatan
- Menyimpulkan
|
4.
|
Meramalakan/
prediksi
|
- Menggunkan
pola-pola hasil pengamatan
- Mengemukakan
apa yang mungkin terjadi pada keadaan yang belum diamati
|
5.
|
Mengajukan
pertanyaan
|
- Bertanya
apa, bagaimana dan mengapa
- Bertanya
untuk meminta penjelasan
- Mengajukan
pertanyaan yang berlatar belakang hipotesis
|
6.
|
Berhipotesis
|
- Mengetahui
bahwa ada lebih dari satu kemungkinan penjelasan dari suatu kejadian
- Menyadari
bahwa suatu penjelasan perlu diuji kebenarannya dengan memperoleh bukti
lebih banyak atau melakukan cara pemecahan masalah
|
7.
|
Merencanakan
percobaan/penelitian
|
- Menentukan
alat/bahan/sumber yang akan digunakan
- Menentukan
variabel/faktor penentu
- Menentukan
apa yang akan diukur, diamati, dicatat
- Menentukan
apa yang akan dilaksanakan berupa langkah kerja
|
8.
|
Menggunakan
alat/bahan
|
- Memakai
alat bahan
- Mengetahui
alasan mengapa menggunakan alat/bahan
- Mengetahui
bagaimana menggunakan alat/bahan
|
9.
|
Menerapkan
konsep
|
- Menggunakan
konsep yang telah dipelajari dalam situasi baru
- Menggunakan
konsep pada pengalaman baru untuk menjelaskan apa yang sedang terjadi
|
10.
|
Berkomunikasi
|
- Mengubah
bentuk penyajian
- Memberikan/menggambarkan
data empiris hasil percobaan atau pengamatan dengan grafik, tabel atau
diagram
- Menyusun
dan menyampaikan laporan secara sistematis
- Menjelaskan
hasil percobaan atau penelitian
- Membaca
grafik, tabel atau diagram
- Mendiskusikan
hasil kegiatan suatu masalah atau suatu peristiwa
|
(Rustaman, 2005:86)
Adapun yang akan dijadikan
indikator dalam penelitian ini mengacu pada indikator keterampilan proses sains
menurut Rustaman (2005:86) meliputi:
Indikator
Keterampilan Proses Sains untuk Penelitian
No.
|
Indikator
|
Sub
Indikator
|
1.
|
Berhipotesis
|
- Mengetahui
bahwa ada lebih dari satu kemungkinan penjelasan dari suatu kejadian
- Menyadari
bahwa suatu penjelasan perlu diuji kebenarannya dengan memperoleh bukti
lebih banyak atau melakukan cara pemecahan masalah
|
2.
|
Merencanakan
percobaan/penelitian
|
- Menentukan
alat/bahan/sumber yang akan digunakan
- Menentukan
variabel/faktor penentu
- Menentukan
apa yang akan diukur, diamati, dicatat
- Menentukan
apa yang akan dilaksanakan berupa langkah kerja
|
3.
|
Menggunakan
alat/bahan
|
- Memakai
alat bahan
- Mengetahui
alasan mengapa menggunakan alat/bahan
- Mengetahui
bagaimana menggunakan alat/bahan
|
4.
|
Menerapkan
konsep
|
- Menggunakan
konsep yang telah dipelajari dalam situasi baru
- Menggunakan
konsep pada pengalaman baru untuk menjelaskan apa yang sedang terjadi
|
5.
|
Berkomunikasi
|
- Mengubah
bentuk penyajian
- Memberikan/menggambarkan
data empiris hasil percobaan atau pengamatan dengan grafik, tabel atau diagram
- Menyusun
dan menyampaikan laporan secara sistematis
- Menjelaskan
hasil percobaan atau penelitian
- Membaca
grafik, tabel atau diagram
- Mendiskusikan
hasil kegiatan suatu masalah atau suatu peristiwa
|
0 Response to "Ragam Indikator Keterampilan Proses Sains Menurut Para Ahli "
Posting Komentar