-->

Indikator jenjang kognitif

Indikator jenjang kognitif menurut Anderson (1989) dalam Sanjaya (2010:128) terdiri dari:
  1. Mengingat (C1) yakni kemampuan menarik kembali informasi yang tersimpan, pada tingkatan        mengingat, indikator yang dikembangkan meliputi mengenali dan mengingat. 
2 2. Memahami (C2) yakni kemampuan mengkonstruk makna atau pengertian berdasarkan pengetahuan awal yang dimiliki, indikator yang dikembangkan pada tingkatan memahami  meliputi menafsirkan (interpreting), memberi contoh (exampliying), meringkas (summarizing), menarik simpulan (inferring), membandingkan (compairing), dan menjelaskan (explaining). 
3 3. Mengaplikasikan (C3) yakni kemampuan menggunakan suatu prosedur guna menyelesaikan masalah atau mengerjakan tugas, indikator yang dikembangkan pada tahap ini yaitu menjalankan (executing), mengimplementasikan (implementing). 
   4. Menganalisis (C4) yakni kemampuan menguraikan suatu permasalahan atau objek ke unsur-unsurnya dan menentukan bagaimana keterkaitan antar unsur-unsur tersebut, indikator yang dikembangkan pada tahap ini yaitu menguraikan (diffrentiating), mengorganisir (organizing), menemukan makna tersirat (attributing); 
   5. Mengevaluasi (C5) yakni kemampuan membuat suatu pertimbangan berdasarkan kriteria dan standar yang ada, indikator yang dikembangkan pada tahap ini yaitu memeriksa (checking), mengritik (critiquing);
   6. Mencipta (C6) yakni kemampuan menggabungkan beberapa unsur menjadi suatu bentuk kesatuan , indikator yang dikembangkan pada tahap ini yaitu merumuskan (generating), merencanakan (planning), memproduksi (producing).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Indikator jenjang kognitif "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel